Selasa, 18 September 2012

Bahaya Internet terlalu lama bagi kesehatan dan moral

 

hoby internetan? chatting? atau suka main game online? jangan keseringan.... nanti jadi kecanduan (kayak narkoba aja) tapi emang bener... meskipun saya bukan orang tua anda, atau... saya bukan dokter. tapi menurut riset itu tidak baik untuk kesehatan, bahkan untuk moral anak. jadi, sebelum anda terlarut dalam internet lebih jauh, ada baiknya kalau anda membaca postingan ini dulu hingga akhir, sehingga anda akan mengetahui apa dampak yang akan terjadi akibat anda atau anak anda kecanduan chatting atau bermain game online secara berlebihan



Secara tidak sadar, sebagian orang menganggap internet sebagai kebutuhan primer bagi hidupnya. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang termasuk kedalam golongan addict atau kecanduan.

Walau kecanduan disini belum bisa didefinisikan sebagai 'penyakit', namun menurut Dr. Diane M. Wieland dari Perspectives in Psychiatric Care, kecanduan Internet dapat berdampak buruk terhadap kehidupan si pecandu.

Menghabiskan waktu yang terlalu lama dan ke'gilaan' terhadap Internet dianggap Wieland dapat merusak hubungan seseorang dengan lingkungan keluarganya, terlebih bagi mereka yang sudah menikah. "Obsesi dan menghabiskan waktu didepan komputer dapat memberikan keretakan dalam kehidupan nyata dan bisa mengarah ke perceraian," jelas Dr. Wieland.

Kecanduan internet juga dapat mengakibatkan seseorang menunjukkan perilaku 'menagih' yang disebut dengan 'cyber shakes'. Hal itu ditunjukkan dengan keresahan yang berlebihan dikala offline dan melakukan gerakan jemari yang terlihat seperti mengetik keyboard, walaupun saat tidak didepan komputer.

Selain itu, kecanduan internet juga dianggap tidak baik bagi kehidupan sosial seseorang. Pasalnya, kecanduan Internet dapat menurunkan aktifitas sehari-hari dan menyebabkan seseorang jauh dari interaksi sosial didunia luar.

Lebih lanjut Wieland menjelaskan bahwa tanda-tanda dari mereka yang kecanduan Internet juga dapat dilihat dari keadaan kesehatannya.Biasanya, para pecandu Internet mengalami gangguan tidur karena terlalu banyak menghabiskan waktu online, kurang istirahat dan kesehatan fisik yang menurun

Tak hanya orang dewasa, moral anak pun bisa rusak dengan adanya kecanduan pada inernet selain kecanduan pada televisi Menurut para periset di AS, adanya hubungan kuat antara media massa terutama televisi, dan obesitas di masa kanak-kanak, merokok serta aktivitas seksual. Periset mengkajiulang 173 riset terhadap media dan kesehatan yang dilakukan selama lebih dari tiga dekade.

Berdasarkan kajian ini, 80 persen riset menyimpulkan jumlah tertinggi tayangan televisi dan media lainnya berkaitan dengan efek kesehatan negatif pada anak dan orang dewasa. Dari 73 riset yang meneliti media dan anak-anak, 86 persen memperlihatkan hubungan penting antara tayangan media dan obesitas.

Temuan para periset dari Yale University School of Medicine, US National Institutes of Health (NIH), dan California Pacific Medical Center ini, dilansir oleh Common Sense Media, sebuah organisasi amal yang berkeinginan meningkatkan imbas media dan entertainmen terhadap anak dan keluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar